Beberapa Cerita Rakyat Dari Jawa Timur - Mysugarspace.com

Senin, 29 Juni 2020

Beberapa Cerita Rakyat Dari Jawa Timur

Cerita Rakyat Keong Mas

Memang Jika berbicara dengan sebuah cerita legenda tidak akan habis oleh waktu. memang tidak hanya adat dan budaya saja yang banyak ada di Indonesia. Sebuah cerita legenda juga banyak di Indonesia ini tak heran di Jawa timur juga terdapat beberapa cerita rakyat yang masih bisa kita dengar dan tau dari beberapa cerita nya.  Berikut ini ada bebera cerita rakyat yang melegenda di Jawa Timur yang bisa kita tahu.

1. Cindelaras 
Diceritakan kisah putra raja janggala dengan sang permaisuri. Di mana ibu Cindelaras sang permaisuri mendapatkan fitnah dari selir raja hingga dimana sang permaisuri diasingkan ke hutan yang dimana sedang mengandung Cindelaras oleh raden putra. Di utuslah seorang patih unutuk membunuh sang permaisuri karena kasihan pembunuhan itu tidak terjadi. Kemudian cindelaras lahir di hutan dan di ceritakan kenapa bisa ahir di hutan, dan bertekad akan datang ke istana singkat cerita cinderalas mampu membuktikan pada raja janggala bahwa ibunya tidak bersalah.

2. Raden Inu Kertapati
Di ceritakan sebuah percintaan antara Raden Inu Kertapati dan Dewi Candra Kirana, dimana Raden Inut Kertapati merupakan putra mahkota kerajaan janggala yang dimana teah bertunangan dengan Dewi Candra putri dari kerajaan kediri. ada dua putri canik dari kerajaan kediri yaitu dewi candra  kirana dan dewi ajeng, akan tetapi Raden Inu Kertapati sanagat mencintai Dewi Candra Kirana, dan selir raja kediri niat jahat dengan mempengaruhi raja kediri dan Raden Inu Kertapati untuk menikahkanya dengan Dewi Ajeng singkat cerita, Mereka dipertemukan dalam pesta dan Bersatu.

3. Keong Mas 
Diceritakan Prabu Kertamarta, Raja Kerajaan Daha yang memiliki dua orang putri Galuh Ajeng dan Candra Kirana sebagai adiknya. Galuh Ajeng memiliki paras yang cantic namun Candra Kirana jauh lebih cantic lagi. Dan Candra kirana telah memiliki tunangan seorang pangeran tampan, putra kerajaan kahuripan Raden Inu kertapati, dan diam-diam Galuh Ajeng juga mencintai Raden Inu Kertapati, dan dimana karenanya ia sangat iri melihat keberuntungan si bungsu, kemudian Gauh Ajeng mempunyai niatan jahat untuk menyingkirkan adiknya itu dari kerajaan Daha.

4. Joko Dolog 
Menurus sebuahh legenda, joko Dolog merupakan sebuah patung yang katanya merupakan penjelmaan dari pangeran jaka taruna putra dari Adipati kediri, menurut yang diceritakan, jaka taruna ingin mempersunting ingin mempersunting purbawati putri dari Adipati Jayengrana yang merupakan adipati dari Surabaya, saat bersamaan ada beberapa pangeran juga yang ingin mempersunting purbawati yaitu pangeran situbondo dan Jaka Jumput pada saat itu mereka melakukan pertarungan, Jaka taruna melawan pangeran situbondo dan kalah dan pangeran situ bondo kalah oleh jaka Jumbut, dan ternyata Jaka taruna berbohong bahwa telah mengalahkan pangeran situbondo dan jaka jumput geram dan mereka meakuan kembali bertarung dan jaka taruna kalah dan membeku seperti patung.

5. Aryo Menak
Aryo menak seorang pengelana pada saat di tengah buan purnama setelah Lelah berjalan dihutan, aryo menak beristirahat dibawah pohon di pinggir danau. Dan pada saat dia duduk dari kejauhan ia meliha cahaya dari arah danau, dan aryo menak berjalan perlahan mendekati submer cahaya tersebut, dan betapa terkejutnya  seteah mengetahui bahwa cahaya tersebut berasal dari tujuh bidadari yang sedang mandi didanau.

Mungkin tadi beberapa dari cerita rakyat yang melegenda yang masih bisa kita dengar sampai Sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar